Upaya Mengajar yang Efektif
Semantik Kegiatan Mengajar
Mengajar terdiri atas bermacam-macam kegiatan yang ditujukan kepada keberhasilan dalam proses mengajar dan belajar. Agar tercapai hasil yang memuaskan kegiatan-kegiatan itu harus diidentifikasi dan selanjutnya ditata secara sistematis atau diperinci dalam beberapa langkah. Robert M. Gagne (1980) merinci kegiatan mengajar atau Sembilan langkah sebagai berikut:
- Mengarahkan perhatian
- Memberikan tujuan yang hendak dicapai
- Merangsang timbulnya ingatan kemampuan atau pengetahuan yang dipersyaratkan telah dipelajari
- Menyampaikan bahan pelajaran yang dijadikan rangsangan
- Memberikan petunjuk dan tuntutan dalam kegiatan belajar
- Memancing penampilan siswa
- Memberikan balikan
- Menilai penampilan atau hasil belajar
- Merangsang kemampuan mengingat ingat dan mentransfer belajar
Hakikat Mengajar yang Efektif
Apa yang dimaksud efektif? Peter F. Drucker menghubungkan apa yang dimaksud efektif dengan fungsi seorang pemimpin atau eksekutif. Seorang eksekutif diharapkan dapat mengatur menjadi efektif.
Indikator
@ Indikator Ryan
Memperkenalkan program studi observasi mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan mengajar efektif.
@ Indikator Flander
Mengenai keefektifan guru
@ Korelasi Rosenshine dan Furst
Rancangan studi ini biasanya untuk mengamati bermacam-macam aspek perilaku kelas selama tahun ajaran.
Prinsip-prinsip Mengajar yang Efektif
- Menguasai materi pelajaran yang akan diajarkan
- Kesehatan dan kondisi jasmani
- Sifat kepribadian dan penguasaan diri
- Mengikuti sifat dan perkembangan manusia
- Pengetahuan dan kemampuan menggunakan prinsip-prinsip belajar
- Toleransi budaya agama dan suatu bangsa
- Peningkatan profesi dan budaya
Ciri-ciri Mengajar yang Baik
Ciri khas mengajar yang baik antara lain sebagai berikut:
- Kesepakatan membimbing belajar
- Rumah dan simpatik
- Berencana dengan baik
- Kerja sama
- Member saran dan anjuran
- Demokrasi
- Merangsang
- Meperhitungkan pengalaman masa lampau siswa
- Progresif
10. Mendiagnosis kesulitan-kesulitan
11. Menyembuhkan (remedy)
12. Memberi kebebasan kepada anak-anak
Strategi Mengajar
Pengertian
Dalam proses mengajar belajar terdapat beberapa istilah yang menggambarkan upaya pencapaian tujuan pendidikan dalam bentuk hasil mengajar dan belajar yang lebih baik yang terkait satu dengan yang lain.
Macam-macam strategi
- Berdasarkan bentuk pendekatan. Gerlach dan Ely (1941) memusatkan perhatian pada dua macam pendekatan, yaitu expository approach dan inquiry approach
- Berdasarkan pengelompokkan siswa. Ada materi pelajaran yang lebih sesuai kalau diberikan secara perkelompok
- Berdasarkan kecepatan masing-masing siswa. Kegiatan instruksional dilaksanakan dengan memberikan kebebasan kepada siswa memilih materi pelajaran dan media instruksional yang sesuai kebutuhan masing-masing
- Pengelompokkan berdasarkan kemajuan
- Pengelompokkan berdasarkan minat
- Pengelompokkan berdasarkan kecepatan belajar
- Berdasarkan ranah tujuan
Metode Mengajar
Suatu metode mengajar tertentu tidak dapat serbaguna, karena ia hanya mungkin cocok untuk suatu kegiatan. Pemilihan metode mengajar ditentukan oleh hasil yang hendak dicapai. Ada beberapa metode mengajar yang lazim digunakan dalam proses mengajar.
- Metode ceramah
- Metode tanya jawab
- Metode diskusi pemberian tugas belajar (resitasi)
- Metode demonstrasi dan eksperimen
- Metode kerja kelompok
- Metode sosio derma
- Metode karya wisata
- Metode permainan simulasi
0 komentar:
Posting Komentar